Minggu, 05 Februari 2012


5 TWEAK TERKEREN JAILBREAK IOS 5

Peraturan dibuat untuk dilanggar. Entah siapa yang pertama mempopulerkan dalih itu. Tapi benar, jailbreak is fun! Mod dan hack itu keren! Untuk saat ini, iOS 5 sudah bisa sukses di-jailbreak, meski masih dalam mode tethered. Artinya, bila gadget Anda sampai mati kehabisan daya atau dimatikan sengaja, berikut setelah menghidupkan kembali, harus di-jailbreak ulang. Bila Anda tidak merasa keberatan gadget menyala dan sleep terus-menerus, ada bagusnya untuk men-jailbreak iPhone, iPod Touch, dan iPad Anda. Salah satu keuntungannya adalah bisa menikmati 5 tweak paling keren berikut ini…
1. SBSetting
Adalah tweak nomor satu dan wajib di-install setelah men-jailbreak gadget Anda. Semua akses pengaturan yang biasanya diberi jalan pintas oleh SBS selama ini, muncul di Notification Center. Sebenarnya sih agak memalukan, karena Notification Center yang diberikan Apple kemarin sama dengan cara kita mengakses SBS selama ini, yaitu menarik jari dari sisi layar teratas ke arah bawah. Kali ini pun sama persis, hanya munculnya “resmi” di jendela Notification Center milik Apple.

2. Activator
Ini adalah aplikasi tweak yang juga sudah populer sejak dulu, dan kini sudah pasti tetap wajib muncul di versi jailbreak iOS 5. Dengan Activator, Anda bisa menunjuk beberapa jenis gesture atau gerakan jari dengan swipe untuk memberikan perintah pada gadget melakukan yang Anda inginkan. Ada banyak pilihan dan variasi gesture yang bisa dipilih, dan tentunya memudahkan atau mempercepat proses bila ingin mengaktifkan sesuatu atau memberikan perintah pada gadget iOS. Sayangnya, pengalaman saya sendiri, menggunakan semua gesture yang ada malah terkadang membuat lupa, gerakan yang mana untuk aktifkan perintah yang mana. Karena begitu banyaknya variasi.

3. Dreamboard
Meskipun memang tampilan iOS adalah yang paling rapi dan simpel dibandingkan OS lain, kerap mengundang rasa bosan penggunanya. Salah satu trik untuk mengatasi hal ini adalah dengan merubah theme dan memodifikasi tampilan, dengan menginstalasi tweak seperti Summerboard dan Winterboard. Nah pengembangan dari keduanya adalah Dreamboard, yang membuat iOS makin mampu didandani semau kita, bahkan meniru tampilan khas OS lain. Namun karena masih baru, jangan harap banya variasi theme tersedia. Hingga saat ini baru muncul kurang-lebih 15 theme di Cydia.

4. IntelliScreenX
IntelliScreenX membuat layar Notification Center jadi berfungsi penuh pada semua aplikasi standar yang ada di gadget iOS Anda. Anda bisa melakukan hampir segalanya di layar Notification Center. Ini membuat kita lebih cepat mengakses dan melalukan hal, tanpa perlu harus men-unlock layar dan memilih satu per satu aplikasi yang sesuai. Namun di lain sisi, penggunaan IntelliScreenX justru menimbulkan tanda tanya besar, lalu untuk apa memiliki layar terkunci, bila toh akhirnya kita bisa mengoperasikan gagdet sepenuhnya di layar Notification?

5. BiteSMS
Ini juga merupakan aplikasi yang sudah lama beredar di komunitas Cydia. Dengan aplikasi ini, kita lebih mudah memberikan balasan atau menulis pesan SMS, yang mana kini bisa diakses ketika layar dalam keadaan terkunci. Apalagi kalau bukan melalui Notification Center. Sayangnya, popularitas SMS kini makin tergencet dengan keberadaan berbagai aplikasi chat cross-platform. Misalnya seperti WhatsApp, Viber, Live Profile, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More